Fenomena Leak di Bali

Fiuh, akhirnya bisa online lagi :D padahal lagi bosen-bosennya sama aktivitas internet, maklum lagi konsen sama pekerjaaan di real life. Tema postingan kali ini termasuk kategori yang sudah basi alias sudah umum banget, yaitu tentang salah satu fenemona mistik di pulau dewata, Bali. Pulau yang selain populer dengan keindahan alamnya ini, juga menyimpan berbagai budaya beraroma mistik, hiiii takut :(. Salah satu yang paling populer adalah tentang manusia jadi-jadian, yang dikenal dengan istilah Leak. Satu yang pasti adalah fenomena leak merupakan salah satu realitas kehidupan masyarakat pemeluk Hindu di Pulau Dewata yang penuh dengan atmosfir mistis dan magis.

Menurut cerita-cerita yang aku denger, mereka, para Leak ini, menyembah Sang Bethari Durga, dan ilmu ini erat kaitannya dengan kisah cerita Calonarang. Ilmu perleakan umumnya dibagi dua, ada Leak hitam yg biasanya di gunakan buat santet, ada juga Leak putih, yang di gunakan buat pengobatan. Ilmu leak tersebut enggak bakal habis tujuh turunan, artinya akan terus diwariskan ke anak-cucu si Leak tsb, kasihan khan?.

Salah satu dari master Leak di Bali yang diakui kehebatannya adalah Jero Mangku Teja (berasal dari desa Bangbang, Kabupaten Bangli). Dia ini adalah seorang seniman tari Calonarang yang biasa memerankan Leak, tokoh beraliran hitam berwujud Bhutaatau Rhande. Konon, epos Calonarang ini diadopsi dari cerita sejarah kerajaan Hindu Daha Kediri, Jawa Timur, yang mengajarkan makna ajaran hidup manusia. Dalam ajaran Hindu di yakini ada rwa bhineda, dua sisi kehidupan manusia yang tak terpisahkan, yakni dharma dan adharma atau perbuatan baik dan buruk. Oleh tarian itu, perbuatan baik dipersonifikasikan dalam wujud barong jelmaan Dewa Wisnu melawan perbuatan buruk Rhande atau Bethari Durga yang berwajah seram dengan gigi taring meruncing dan lidah memanjang, hiiiiiii :(.

Kembali ke soal Mangku Teja, dia ini tidak sedikit telah mentransfer ilmu pengleakan kepada orang-orang yang belajar ilmu Leak. Namun, Mangku Teja bukanlah, atau tidak menggunakan ilmu Leaknya untuk menyakiti orang, dia justru malah sebaliknya seringkali menggunakan ilmu leaknya untuk mengobati orang yang menderita berbagai macam jenis penyakit, mulai dari penyakit ringan sampai yang berat seperti kanker, hebat yach. Dari sana sebenarnya dapet dibuat sebuah kesimpulan “sementara ” bahwa ilmu pangleakan bukan selamanya menjadi ilmu sesat untuk mencelakai orang. Tetapi ilmu yang juga dapat digunakan untuk kebaikan, sama halnya dengan ilmu putih. Semua tergantung pada manusia yang menggunakannya.

Aku pribadi meskipun sebagai orang (muslim) Bali asli, belum pernah sekalipun melihat penampakan manusia jadi-jadian atau wujud leak ini, yang saya liat hanya berupa sinar merah menyala berukuran jumbo :D. Memang tidak semua orang mampu melihat wujud leak dalam berbagai rupa, karena menurut keyakinan yang berkembang di Bali, yang bisa melihat wujud Leak adalah mereka yang termasuk ke dalam kelompok darah nyem (dingin), sebaliknya yang tidak bisa melihat wujud Leak adalah yang termasuk berdarah panas, jadi aku ini termasuk ke dalam berdarah panas :D.

Konon jenis leak Hitam yang paling ganas berwujud garuda, tepatnya manusia bertubuh tinggi besar dengan kepala berbentuk kepala burung garuda, bermata merah, dan kakinyapun berbentuk kaki burung garuda, serta mempunyai sayap. Leak garuda ini biasanya terbang kemudian menangkap mangsanya hidup-hidup berupa manusia, yang setelah ditangkapnya kemudian dibawa terbang dan lantas dilahapnya, hiiii.. :D

Yang jelas lebih baik mempelajari hal-hal yang positif dan nggak memiliki resiko permanen, daripada mempelajari ilmu leak yang akan terus diwariskan ke anak-cucu sampai waktu yang tak terhingga. Dan jangan lupa, hanya kepada Tuhan sajalah tempat kita berlindung dari segala macam godaan syitan yang terkutuk, amin :D !

59 Responses

  1. oooo seraaaammm :D ..eh, beng gimana kabarnye di denpasar, baik-baik kah? dapet salam hendry, periksa emailmu, si doski kirim sesuatu ke emailmu.

  2. beng, gmn klo elu tulis soal babi negepet, gw pengen pelajari sih :D

  3. hendry, mendingan belajar sama stanch aje, dia tuh mbah nya babi ngepet, wakakakaka

  4. pernah tidak kamu melihat lihat leak garuda seperti kamu sebut dalam tulisan di atas? dan ketahuan tidak aslinya siapa?

  5. Sdr. IBENK … sebaiknya dalam menulis cari sumber2 yang jelas, kalau begini kesannya leak itu jahat banget.
    Seandainya ingin tahu lebih mendalam, kenalilah dulu apa itu leak, cari sumber yang jelas, salah satunya anda bisa datang ke museum Bali di situ ada lontarnya (bila perlu pelajari ilmunya, suapaya mengerti).
    Leak itu bukan manusia jadi2an .. Leak itu suatu ilmu kerohanian. Baik tidaknya ilmu tersebut tergantung orang yang menggunakan, kalo salah ya jadi jahat .. kalau benar ya kebaikan yang didapat. Sama juga dengan ilmu kebanyakan seperti kedokteran ataupun nuklir misalnya.. kalau salah penggunaannya ya banyak manusia jadi korban kan.
    Bagi yang membaca tulisan Sdr. Ibenk saya sarankan coba compare de sama situs2 lain yang membicarakan tentang ilmu leak (bisa di search melalui google).

    Apalagi dalam bagian akhir tulisan Ibenk ada kalimat, “Dan jangan lupa, hanya kepada Tuhan sajalah tempat kita berlindung dari segala macam godaan syitan yang terkutuk, amin” .. memang benar dan saya setuju ini.
    Menurut saya anda sangat tidak bijak menuliskan hal tersebut karena seolah2 orang yang belajar ilmu leak tidak percaya terhadap Tuhan.

    Kembali saran saya, kalau tidak mengetahui secara baik atau tidak mendapatkan sumber yang jelas, sebaiknya jangan membuat artikel, karena sangat menyesatkan.
    Terima kasih

  6. anda belum pahan menulis tentang leak, sebaiknya anda pelajari dulu leak itu baru bisa menulis, hakikat leak itu adalah suatu ilmu kebatinan, dan bukan ilmu jahat . dan terakhir tidak ada hubungan dengan tuhan seperti and bicarakan / tulis hanya kepada Tuhan sajalah tempat kita berlindung dari segala macam godaan syitan yang terkutuk, amin ! terlalu munafik menghubungkan kepercayaan dengan hal yang anda tidak ketahui kebenaranya.

  7. tempat” yang palina angker di bali??????????????????

  8. taHu aPa siE kak iBenk soaL Leak?
    tHa ndiRi yg pErnah d daTangi Langsung, Lum bRani nuLis aRtikEL kY gNi. kL mNrt BaLian BaLi, Leak sUka ma Tha, cOz tHa nEy haYum Bg mEreka. kL kaK ibEnk gak tEu “bgTz” gMn Leak tHu, jgN sOk2 nuLis kY gNi. nTi bnYk aNggapan sLh tTg Leak.

  9. ada lele mekumis…..

  10. ilmu leak itu ilmu rohani/spiritual sy sgt setuju.

  11. hayo..mana artikelnya lg?

  12. huuuuhhhh…..sereeeemmmmmm…….

  13. brow masih banyak cerita di desa saya di bali..
    ada yang mw?
    tempatnya di nusa dua bali…
    tha gak ada leak suka ama yang harum2..
    kamu aj aneh thu…
    makanya leak suka ama kamu..
    wkwkwkwkwkwk…………

  14. SoToI,….
    hati2 bung,… krang jman modern,
    org2 yg bsa make ilmu ntu jga dah knal ma internet?!

  15. Emh…saya cuma pngn menegas’kn sedikit,
    kalo namanya leak itU sbnr’na sudah suci dan tidak mungkin menyakiti orang lain,
    dan ilmu yg menyakiti orang lain namany neluh nesti…
    Dan satU lagi, leak tidak makan manusia…
    Ok,trima kasih…
    Ad tambahan mungkin ???

  16. Ajaran leak dibali kalo bisa dipertahankan….karena itu merupakan warisan leluhur, dan merupakan budaya hindu bali. jadi jangan dilihat dari segi negatifnya saja.

  17. Oiiii jmgn sembarangan nomongin leak… Apalagi nulis mslh leak… Ngaco!! jngn ngomongin/nulis macem2 dech tentang leak…

  18. tulisan anda terlalu dangkal dan tidak layak untuk dipublikasikan. Seperti tulisan ABG di buku diary. kentara sekali dari gaya bahasa anda kalau anda jarang membaca.

  19. Jangan asal nulis klo gk tau yg pasti gak da leak makan manusia klo sumanto jadi leak mungkin ya……..

  20. Kelihatan sekali bahwa anda menulis leak sudah sangat tendesius. Ini dapat dilihat dari akhir tulisan anda. Kasihan syetan, yang selalu jadi kambing hitam atas kelemahan dan kesalahan manusia. Sama seperti ajaran agama, ajaran penggunaan ajaran leak tergantung pada manusianya. Sejarah juga mencatat, atas nama agama juga melakukan pengrusakan (termasuk pengrusakan tempat suci agama lain), bom, teroris dan melakukan penjajahan (menjajah negara lain) atas nama agama dan Tuhan. Yang harus dilawan adalah sifat serakah atas harta, tahta dan nafsu sex (kadang dengan argumen agama).

  21. Tulisan anda dangkal sekali dan tendensius..apalagi anda menulis “Aku pribadi meskipun sebagai orang (muslim) Bali asli ..”.dan diakhir cerita anda juga menulis “Dan jangan lupa, hanya kepada Tuhan sajalah tempat kita berlindung dari segala macam godaan syitan yang terkutuk, amin”..disini kelihatan sekali anda beropini seolah2 mereka yang mempunyai ilmu Leak adalah pemuja setan dan anda sendiri blm tau benar apa itu ilmu Leak,saran saya sebaiknya anda baca2 dulu dan cari sumber apa itu leak jangan berdasarkan opini anda..

    Disini juga jelas sekali anda membawa nama2 agama..sudah capek memperdebatkan agama,kalau anda menganggap agama anda yang paling benar ya jalankan menurut keyakinan anda..BENAR BAGI ANDA BELUM TENTU BENAR BAGI ORANG LAIN…

  22. saran saya anda baca link ini..

    http://www.iloveblue.com/bali_gaul_funky/artikel_bali/detail/1362.htm

  23. Benk..org yang mengusai ilmu leak aza gak mau komentar tentang leak, tp kamu, pengalaman aja msih dangkal udah berkoar. Tlong hargai budaya org. Satu lagi kalau kamu masih komentar tanggung sendiri akibatnya.

  24. klik dulu ini http://admin2i2h.blogspot.com/?zx=7769e27944a894b6
    baru komentar tentang leak…

  25. Kepada yang terhormat saudara-saudaraku sekalian,

    Untuk wayan, kamu boleh menghina dan mencaci maki orang yang mengaku islam yang berbut keji kapada kalian. Tetapi saya tidak rela dan ridho kalau kalian menghina agamaku dan rosulku. Mungkin di mata kalian islam adalah agama para terorist tapi kalian salah. Hati, mata dan keyakinan kalian telah dibutakan oleh orang yang tak bertanggung jawab. Saya telah baca blog yang kamu attach, itu jelas kamu ingin mencari permusuhan. Tetapi bukan itu maksud saya, jika kalian ingin mengetahui islam itu seperti apa, coba kalian pelajari dari sumbernya yaitu Al-Qur’an dan Al-Hadist. Saya tidak akan memperpanjang perselisiahan kita masalah keyakinan dan itu seperti debat kusir yang tidak akan ada habisnya. Setelah kamu membaca Al-Qur’an dan Al-hadist dan renungkan maksud dan tujuannya maka kamu akan terbuka mata bathinmu. Dan jangan memotong-motong ayat-ayat Al-Quran dan dipergunakan untuk menyesatkan orang lain. Jika kamu ingin tahu maksud dan tujuan suatu ayat kamu harus mengetahui mengapa ayat itu diturunkan. Selama ini kami orang islam selalu dituduh, difitnah atas perbuatan terorist, pemeluk agama yang biadab dan suka menghina. Memang sekarang kami terpecah belah, kami sibuk dengan urusan masing-masing dan selalu berseteru karena sekarang abad kemuduran umat islam karena tingkah laku dan akhlak umat islam yang jauh dari naungan Al-Qur’an dan Al-hadist. Coba kamu pelajari dengan seksama dan tidak memihak, siapa dalang sebenarnya atas kekacauan selama ini. Rakyat palestina dibantai tidak ada yang mau peduli dan saudara-saudara kami umat islam yang lain dilecehkan, dihujat dan diperlakukan seperti orang biadab. Saudara wayan apa yang kamu lakukan kalau ayahmu dibunuh, ibumu, saudara perempuanmu, anak perempuanmu diperkosa dan tidak ada yang membelamu. Coba kamu renungkan. Saya tidak mencari permusuhan, dari pada berperang lebih baik saling meyayangi, menghormati dan saling mencintai demi terciptanya dunia yang damai dan sejahtera.

  26. tolong artikelnya diubah atau setidaknya di renovasi sedikit,
    dan tolong jika menulis artikel tolong carilah sumber sumber yang bisa dipercaya dan berdasarkan fakta bukan dari omongan orang orang ,,,
    saya sebagai orang bali belum pernah mendengar ada leak berwujud garuda yang memakan manusia atau leak yang makan manusia , anda itu menulis artikel yang riil aja klo ada tulis klo gak ada jangan ditulis,
    Mudah2an dan saya doakan anda bertemu dengan salah satu penganut leak agar anda tahu apa itu leak, camkan itu baik baik

  27. bagus anda banyak berkomentar ini-itu, saya benar, anda salah dan lain2. baguslah minimal ada hiburan dan sedikit pendalaman ide, menarik memang, tapi agama tidak perlu diperdebatkan soalnya masing masing memiliki sejarahnya sendiri. agama apapun di dunia semua bagus tapi tak ada agama yang sempurna kenapa?….. kalo ada agama yang sempurna pasti semua umat manusia memeluknya dan meyakininya, kalo sempurna pasti gak ada perang, penyakit, kelaparan, kriminal dll soale yang berbuat itu orang yang beragama, masalah itu oknum urusan lain. kalo sampai ada umat yang jahat berarti juga agama memang tak sempurna, jadi kewajiban kita semua berlaku baik dan jangan mencoreng agama kita dengan dalih apapun.

  28. sudah menjadi nasib manusia lahir membawa panca indria yang kadang bisa membutakan mata hati. manusia melihat, merasa, menilai dsb ‘sebatas’ kemampuan panca indrianya. padahal sama seperti udara yg tidak bisa dilihat manusia tapi manusia tak bisa hidup tanpanya.

  29. Leak paling ganas adalah leak cafe, bisa nyedot penis…

  30. saya adalah orang yg tahu secara detail mengenai leak akan tetapi tdk pernah terlalu banyak bicara kalau anda memang ingin tau silahkan datang ke rumah saya di desa bangbang kec tembuku kab bagli bali pesraman werdistuti dan nanti akan ketemu langsung dgn tokoh ilmu leak itu dan akan dikasi penjelasan yg mendetail dan siapa saja yg ngaku mengetahui leak itu bisa menyakiti berarti dia tidak tahu leak yg sebenarnya cukup sekian dari saya

  31. Gw. Mo tanya,”pernah ga ada leak kesiangan lalu di tangkap?

  32. ada itu namanya leak maling dan banyak di lp bali

  33. kenapa kalan membincangkan aku, cucuku…. sampai ribut2 bawa nama agama segala… kalian tidak usah ribut2 lagi, yang jelas perdebatan ini diawali dari si penulis muslim asli bali goblok, goblok, kalau goblok jangan ngaku orang bali, bilang muslim lagi…. bikin malu orang bali sama orang yang katanya muslim….. , nanti mbah kasi pelajaran dia…

  34. Bali yg indah…bali yg banyak menyinpan misteri,tp semua itu tergantung orang yg mendalami ilmu leak,mau digunakan untuk hal positif atau negatif. Yang pasti kita tidak boleh takut karna kita orang yang beriman….

  35. Bali yg indah…bali yg banyak menyinpan misteri,tp semua itu tergantung orang yg mendalami ilmu leak,mau digunakan untuk hal positif atau negatif. Yang pasti kita tidak boleh takut…..

  36. ADA ENGGAK YA lEAK bOKEP

  37. om swastyastu….
    kl menurut saya leak itu adalah budaya…
    kebudayaan khas bali yg ngga ada di daerah manapun….
    memang ilmu leak itu jika dibuat untuk kebaikan (penengen),maka akan bermanfaat utk umat manusia.sebaliknya jika dibuat ukt menyakiti (desti),maka akan sngt merugikan manusia….

    dan untuk saudara candra,bgi saya tdk ada agama yg jelek….
    smua agama itu baik dan tujuannya pun sama,yaitu saling mengasihi sesama manusia,alam dan seluruh ciptaan beliau…

  38. kalo kita baca blognya ini, kita jadi tahu orang buta yang ngomongin gajah,…cuma tahu bau tainya aza, tapi tidak tahu wujud gajahnya. Dangkal..sekali, …, Anda tahu apa tentang ilmu mistik Bali, numitis ping pitu tdk habis dipelajari….???

  39. saya awalnya juga ragu dengn penjelasan dlam artikel di atas (masak leak berwujud garuda, bukannya garuda itu baik???), namun mulai tertarik setelah baca2 komentar akang2 yg di atas. saya menganggap leak sebagai salah satu kekayaan budaya indonesia yg terjaga di bali. ada yang bisa kasih saya tau link tentang informasi yg valid abaout leak., saya tertarik untuk sekedar tau.

  40. buat bli – bli dan mas mas diatas ni ada link yang mungkin bisa memberi informasi tentang leak biar gak debat kusir aneh aneh ….

    http://www.parissweethome.com/bali/cultural_my.php?id=10

    http://www.iloveblue.com/bali_gaul_funky/artikel_bali/detail/1362.htm

  41. Aku suka sekali tentang hal” y berbau mistik!!! Menurut saya hal-hal seperti itu adalah seni… Kbanyakan orang beranggapan bahwa leak itu adalah ilmu hitam… Tp bagi saya baik itu ilmu putih ataupun ilmu hitam… Aku tetap menghargainya, karna bagiku itu adalah seni tradisional, budaya warisan leluhur yg harus dijaga dan dihormati…

  42. rekan beng in somewhere…benar apa kata teman2 di atas…tulisan anda ibarat pepesan kosong yang hanya terlihat kembung dari luar tapi isinya sudah entah dimana…ilmu leak sama dengan ilmu aliran kepercayaan ataupun kerohanian menurut tradisi di Bali ,ilmu leak itu ga ada yg putih ato item bahkan abu2 pun juga ngga,mengulang pernyataan teman2 di atas bahwasanya ilmu itu ibarat sebilah belati yang sifatnya netral,tergantung orang yg menggunakanya berniat untuk apa,bila belati berada di tangan perampok,maka sudah tentu dipakai hal2 yg sifatnya berkonotasi negatif,tetapi bila belati berada di tangan seorang tukang jagal hewan kurban,tentu tindakanya membunuh /menggorok domba-domba utk kurban idhul adha jadi berkonotasi positif dan pastilah banyak mendapat ucapan trimakasih dari org2 yg merayakanya…so…seperti kata bijak mengatakan…Allah memberikan manusia itu satu buah mulut dan dua buah telinga adalah agar dia (si manusia) lebih banyak mendengarkan sebelum dia berbicara banyak….dan masalah syaitan yg terkutuk itu rekan beng jgn salah paham …justru syaitan yg terkutuk itu ada tdk jauh dari diri anda sendiri ya benar berada tepat di dalam diri anda dan melekat tak kan bisa anda lari darinya hanya bisa mengendalikannya…syaiton itu tak lain hawa nafsu manusia seperti anda…saat anda berniat ingin memperkosa adik perempuan anda sendiri…nah itu sudah syaiton namanya….jadi kesimpulannya….jgn menyalahkan syaiton di luar tapi bercerminlah dulu kedalam….syaiton paling berbahaya adalah hawa nafsumu…..dan kasihan dunk si leak yg malah dituduh yang ngga2…weleh2..sekian rekanku bang…wassalam

  43. dari tulisan anda saya tahu apa yang anda tulis hanya berasal dari opini dan apa yang anda dengar , bukan dari pengamatan terlebih dahulu , saran saya jangan memuat apa yang belum anda tahu benar , itu akan mengusik banyak orang , saya yang ga tahu apa2 tentang leak aja jadi terusik dgn tulisan anda , karena menurut saya tulisan anda terlalu mentah . kan banyak yang udah menawarkan jasa pada anda agar tahu lebih banyak tentang leak , jadi lebih baik anda cari tahu dulu pada mereka tentang hal ini sebelum menulis sesuatu tentang hal ini lagi.
    dan bagi rekan2 yang lain , tulisan saudara benk ini jangan di hubung2kan dengan agama apapun itu , ini tak ada hubungannya dan tak perlu dipertengkarkan , dia bebas berpendapat begitu , hanya saja saya kecewa dia berani memuat artikel tentang apa yang dia tak tahu pasti . satu renungan untuk saudara beng

  44. di desa tmpat quu tnggal sngat bnyak crita” leak yg prlu di bhas mw??
    nusa dua -bali gg will,,,,,,,,,,,,

  45. wah.. aku yang baru googling cerita tentang leak langsung nemu blog ini. komentar2 dari artikel ini menarik banget. aku jadi tambah penasaran apa sih leak itu sebenarnya. selama ini aku denger2 aja. rasanya jadi kurang puas hanya dengan baca2 artikel aja.. :)

  46. gw ingin tau banyak tentang mistik di bali kenapanya deleme ane ngae website belog – belogan

  47. keren,,,,boleh minta alamatnya ga?jadi pengn ke bali?

  48. IIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII……………………………………………………….

    Sereeeeeeeeeeemmmmmmmmmmmm

    Wediiiiiiii qqqqqqq . . .. . . .. . . .

  49. woooooouuuuuuuuuuuuuwwwwwwwww
    sereeeeeeeeeeeeeeeeeemmmmmmmmmmmmmm
    tapi tetp matoh………………………………………………
    tambahi neh informasi_ne

  50. cerita dewasa…

    […]Fenomena Leak di Bali « Just Ibenk Blog[…]…

  51. hahahha.. masiih mendasar skalii crita.nya gan…
    itupun masih antara bner dan nggak.nya….

  52. jangan anda berpikir negatif.
    plajari dulu sebelum berbicara…..semua leak gak tentu jahat. jangan macam macam berbicara….itu menjelekkan nama leak………………..

  53. hai beng…what are you talking about???if u doesnt know nothing about leak bali,just shut up your mouth.

  54. leak itu adalah bagian dari seni mas’ mbak” ,
    leak belum tntu ada iang negatif , sbenernya leak itu adalah ajaran yang baik untuk menolong sesama tp krna manusia iang serakah makanya leak itu di blg jahat , klo mau belajar leak maka pandai”lah mengendalikan diri klo gaa mmpu mngendalikan diri sndri akibatnya bisa fatal ,

  55. yah sebagai penengah saya menyarankan lebih baik belajar dulu… sebelum menyatakan itu baik atau buruk, pelajari dan simpulkanlah apa yang engkau pelajari dan buktikanlah kalau itu baik ataukah buruk. kalo belum ada bukti…. GA USAH NULIS, Ngomongpun Sepertinya TAK Pantas

  56. artikel tentang leak ini sangat menyimpang. penulis hanya menulis apa yg dia dengar melalui mulut ke mulut… tanpa paham akan makna di balik Ilmu ini
    saya sangat prihatin,, sebagai sisia dari Jro Mangku Teja yang sehari-hari bersama beliau, seakan – akan penulis ingin menyudutkan Ilmu Warisan Leluhur kami.

    Haiiii…………… kau sang penulis artikel,,, jika kamu memang tertarik tentang LEAK sebaiknya kamu datang ke Desa Bangbang Bangli. kami akan sangat senang dengan kedatangan mu…….
    demi kesempurnaan artikel ini dan memperjelas kepada masyarakat tentang LEAK.

    DUMOGI SAMI BAGIA…

  57. bagus, agar suluruh masyarkt yg berfikir negatif tentang LEAK it bs tau bahwa leak it sndiri tidaklh untk kejahan saja.

  58. hantu bali yang terkenal sakti…… Leak bali

  59. indahnya klw saling menghargai …
    Aku orang muslim tp aku menentang teroris d indonesia …
    SALAM DAMAI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: