Hikmah Sumpah Palapa

Sekarang makin terasa bahwa Sumpah Palapa yang dideklarasikan oleh Gajah Mada sungguh sangat sakti, suci, dan membawa berkah bagi kita rakyat dan bangsa Indonesia. Sakti, karena secara gaib nama Nusantara masih bisa dipakai sebagai tali pengikat di antara bangsa-bangsa yang mendiami kepulauan Nusantara. Padahal arti Nusanatara yang sesungguhnya adalah pulau-pulau lain di luar Jawa (Nusa berarti pulau, antara berarti lainnya). Suci dalam arti sumpah tersebut benar-benar diberkahi oleh Tuhan Yang Maha Esa, artinya sumpah tersebut diberi kekuatan oleh Tuhan, berupa kekuatan persatuan dan kesatuan. Secara spiritual Nusantara harus diterima sebagai karunia Tuhan, yang walaupun di antara pulau-pulau terpisah satu sama lainnya oleh lautan, namun rasa kesatuan dan persatuan tetap terbentuk secara utuh menyeluruh. Oleh sebab itu Nusantara harus dipandang sebagai kumpulan kepulauan yang utuh menyeluruh, yang secara gaib dikaruniakan oleh Tuhan kepada manusia-manusia yang ber-Ketuhanan YME walaupun berbeda-beda suku, agama, dan Kepercayaannya. Membawa berkah bermakna tidak ada seorangpun yang rela kalau Nusantara dirobek-robek oleh penghuninya sendiri, kecuali oleh orang-orang yang tidak mengerti, yaitu orang-orang yang tidak berke-Tuhanan.

About these ads

3 Responses

  1. yee.. ngungkit masa lalu yach om :P btw, saya juga baru tau kalo kata “Nusantara” itu mengacu pada pulau2 di luar java :) oh iya, itu artikel inspirasi dari mana?

  2. hehehe gak ungki-ungkit soal koloni masa silam koq boss, hanya buat nginget azza, soale klop banget kan sama kondisi bangsa dan negara kita yg lg “busuk”, ciieee :D

    oh soal artikel ini inspirasi dari baca buku boss :P

  3. Sepertinya saat ini Sang Patih Amangkubumi Gajah Mada sedang menangis karena mulai terkoyaknya kedaulatan sebuah negara yang dahulu pernah disatukan. Setelah Timor-Timur, Sipadan-Ligitan, dan sebentar lagi Ambalat, lalu apalagi?. Sedemikian lemahnyalah kita sehingga tidak mampu mempertahankan wilayahnya sendiri. Gerakan-gerakan Malaysia selama ini sudah jelas nyata sekali bahwa Malaysia ingin memiliki Kalimantan. Akan diam sajakah kita?.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: